Raja Sales Mobil menerima layanan Titip Jual Kendaraan / Mobil Lama Bapak/Ibu dengan rekomendasi harga yang terbaik. Raja Sales Mobil menerima layanan pengajuan booking jadwal test drive dan atau layanan booking jadwal service Mobil kesayangan keluarga tercinta Bapak/Ibu. Raja Sales Mobil meneria layanan pengurusan Blokir, Balik Nama dan Pemesanan Plat / STNK dengan nomor pilihan. Raja Sales Mobil menerima layanan penambahan, pembelian dan atau pemasangan asesoris baru dan original untuk mempercantik tampilan mobil kesayangan keluarga tercinta Bapak/Ibu. Raja Sales Mobil menerima layanan konsultasi dan membantu Bapk/Ibu wujudkan miliki Mobil idaman dan mobil impian keluarga tercinta.
Menu
Model
Beranda » Edukasi » 4 Tips Merawat Ban Mobil, Pemula Harus Baca!

4 Tips Merawat Ban Mobil, Pemula Harus Baca!

Dipublish pada 31 January 2021 | Dilihat sebanyak 164 kali | Kategori: Edukasi

Apabila Anda menuju ke artikel ini karena sedang mencari informasi tentang cara menghemat ban mobil atau tutorial merawat ban mobil biar awet, maka mungkin Anda sudah menumukan artikel yang sesuai, karena didalam tulisan ini akan dikupas berbagai tips merawat ban mobil biar lebih awet pastinya.

Maka dari itu, untuk mengetahui berbagi tips tersebut, silahkan pastikan Anda membaca artikel ini hingga selesai.

 

Fungsi ban

Tanpa ban, mobil tidak akan bisa pergi kemana-mana, kecuali diderek atau diangkut. Dari hal tersebut dapat kita ketahui, bahwa keberadaan ban mobil sangat penting bagi mobil, tidak bisa dipisahkan. Karena tanpa ban mobil, bisa dikatakan mobil tersebut tidak bisa difungsikan.

Ban yang terawat, kantong aman

Karena fungsi utama ban mobil yang tak bisa dianggap remeh, maka perlu sekali menjaga kondisi ban mobil, harus dirawat. Ban mobil yang terawat, berarti bisa digunakan lebih panjang, lebih hemat tentunya di kantong, mengingat harga sebuah ban mobil cukup mahal.

Ban terawat, berkendara aman

Selain dari sisi ekonomi, dari sesi keselamatan juga sangat penting. Ban yang terawat lebih aman digunakan, baik untuk mobil angkutan maupun penumpang. Bayangkan saja jika ban mobil kurang angin, maka akan terasa oleh mobil tersebut, bisa bahaya dijalan baik untuk diri sendiri maupun pengendara yang lain.

 

Maka dari itu, salah satu bentuk perawatan adalah menjaga tekanan angin pada ban agar tak kurang atau tidak berlebihan. Nanti lebih detail akan kita bahas dibawah.

 

Beda Jenis Mobil, Beda Perlakuan Perwatan Bannya

Ya betul sekali, jika mobil harian dan yang dilahap adalah jalan aspal, konblok, or ataupun tanah datar, maka cukup pakai ban jenis All Terrain atau yang biasa disebut dengan Ban AT.

Beda lagi jika yang dilahap adalah areal hutan atau pertambangan, seperti yang ada dikalimantan, dimana medannya ekstream, maka ban yang disarankan untuk areal seperti itu adalah ban Mud Terrain, atau ban MT.

Sebenarnya masih ada jenis ban yang lainnya, namun kita cukupkan 2 ini dulu, karena pembahasannya sudah banyak.

Baik ban AT maupun MT sendiri punya karakteristik berbeda, terutama dalam penggunaanya. Oleh karena itu, cara merawatnya pun berbeda. Ban dengan kondisi berlumpur tentu bakalan lebih susah membersihkannya.

 

Tips dan Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet Dalam Pemakaian

  1. Tips pertama dalam merawat ban, silahkan periksa ban secara rutin, lihat bagian ban apakah ada benda keras yang terselip dan berpotensi membuat ban rusak atau tidak. Seperti Paku dan sebagainya. Kemudian cek juga tekanan angin pada ban, apakah sudah sesuai, jika kurang, silahkan ditambah. Terutama sebelum mengawali perjalanan jauh;
  2. Tips lainnya agar ban tetap awet adalah dengan menukar posisi ban, seperti posisi kanan ban, ditukar ke posisi kiri, demikian pula sebaliknya. Hal ini akan membuat permukaan ban aus bersamaan ketika nanti sudah saatnya diganti;
  3. Tips ketiga, silahkan perhatikan muatan mobil, baik untuk mobil penumpang maupun mobil angkutan barang. Muatan yang berlebihan akan membuat ban tidak stabil, dan rentan akan oleng yang membuat kecelakaan. Oleh karena itu hindari menggunakan kecepatan tinggi, saat mobil Anda mengangkut beban berat lebih dari biasanya;
  4. Tips terakhir, silahkan pilih jenis ban yang pas untuk pemakaian, seperti sempat disinggung diatas. Ban AT lebih cocok untuk kondisi perkotaan atau desa dengan medan biasa dan tidak berlumpur, Anda juga bisa menggunakn ban AT pada kecepatan tinggi, kerena relatif stabil. Sedangkan Ban MT, cocok digunakan untuk mobil yang menghadapi medan terjal, bahkan berlumpur, namun ban ini tidak cocok untuk kecepatan tinggi, suaranya akan cenderung bising juga. Bahkan dalam beberapa kasus, tekanan ban yang kurang pada ban MT plus kecepatan tinggi bisa membuat mobil hilang kendali di jalan tol yang mengakibatkan kecelakaan. Jika Anda menggunakan ban MT untuk berkendara di tol, baiknya gunakan kecepatan yang direkomendasikan, jangan ngebut.

Dari berbagai uraian diatas, dapat kita ketahui, bahwa merawat ban itu sangat penting. Bukan hanya karena masalah kantong saja, tetapi juga lebih dari itu, tentang bagaimana menjaga ban, ban yang terjaga dan dalam kondisi fit akan membuat perjalanan Anda, terutama perjalan jauh lebih aman pastinya.

Baca Juga: Artikel dan Tips bermanfaat lainnya Di Sini!

Oke, akhirnya sampai jumpa di penghujung artikel, semoga dengan membaca tulisan tentang tips merawat ban mobil diatas tadi, Anda bisa memeperoleh insight baru, terutama dalam dunia otomotif. Sekian, salam semangat dan sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
cara cek mesin mobil sebelum perjalan jauh

Begini Cara Cek 8 Item Mesin Mobil Sebelum Perjalan Jauh

Dipublish pada 27 December 2021 | Dilihat sebanyak 7 kali | Kategori: Edukasi

Jika Anda sedang mencari info mengenai persiapan perjalanan jauh atau info tentang apa yang perlu dicek sebelum menjalankan mobil, maka sepertinya Anda sudah mendapatkan artikel tepat, karena dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara cek mesin mobil sebelum perjalan jauh seperti keluar kota, jadi apabila... selengkapnya

cara membuat efek daun talas pada body mobil

Cara Membuat Efek Daun Talas Pada Body Mobil, Work!

Dipublish pada 27 December 2021 | Dilihat sebanyak 10 kali | Kategori: Edukasi

Ada banyak cara perawatan yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil, seperti menghindari menempelnya air hujan atau debu kotor. Perawatan semakin handal dengan cara membuat efek daun talas pada body mobil. Sedang mencari Mobil impian untuk keluarga tercinta? Nggak ada salahnya... selengkapnya

cara mengurus SIM mobil hilang

5 Cara Mengurus SIM Mobil Hilang Secara Tepat

Dipublish pada 27 December 2021 | Dilihat sebanyak 9 kali | Kategori: Edukasi

Ada 5 cara mengurus SIM mobil hilang yang bisa dilakukan. SIM merupakan surat penting yang bisa digunakan berbagai keperluan, termasuk saat ada kegiatan penertiban lalu lintas. Tidak memiliki atau membawa SIM mobil saat berkendara bisa membuat Anda berurusan dengan hukum.... selengkapnya

Raja Sales Mobil Address

PT. Sinda Harjaya Mitra Utama
EightyEight @Kasablanka, Tower A, Lt.10E
Jl. Raya Casablanca, Kav.88, Jakarta Selatan – 12870
E-mail : admin@sindaharjaya.com

Live Chat

Via WA: 0821-2705-3337

Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

SUBSCRIBE: