Raja Sales Mobil menerima layanan Titip Jual Kendaraan / Mobil Lama Bapak/Ibu dengan rekomendasi harga yang terbaik. Raja Sales Mobil menerima layanan pengajuan booking jadwal test drive dan atau layanan booking jadwal service Mobil kesayangan keluarga tercinta Bapak/Ibu. Raja Sales Mobil meneria layanan pengurusan Blokir, Balik Nama dan Pemesanan Plat / STNK dengan nomor pilihan. Raja Sales Mobil menerima layanan penambahan, pembelian dan atau pemasangan asesoris baru dan original untuk mempercantik tampilan mobil kesayangan keluarga tercinta Bapak/Ibu. Raja Sales Mobil menerima layanan konsultasi dan membantu Bapk/Ibu wujudkan miliki Mobil idaman dan mobil impian keluarga tercinta.
Menu
Model
Beranda » Edukasi » 5 Tips Merawat Aki Mobil Yang Harus Kamu Tau!

5 Tips Merawat Aki Mobil Yang Harus Kamu Tau!

Dipublish pada 12 December 2020 | Dilihat sebanyak 260 kali | Kategori: Edukasi

Raja Sales Mobil – Apabila Anda sedang mencari info tentang cara merawat aki mobil atau cara menjaga aki mobil agar tetap awet, maka Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Karena dalam artikel ini akan dijelaskan one by one langkah dan tips merawat aki mobil, jadi silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Baca juga: Tips Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Awet.

Sebelum lebih jauh, kita perlu tahu dulu, bahwa ada beberapa jenis aki mobil, yang cukup populer adalah aki basah dan aki kering.

Jenis dan Type Aki Mobil

Yang dimaksud dengan aki kering pada mobil adalah aki yang lebih kompak, lebih awat, dan lebih mudah dirawat. Aki kering tetap mengguanakn cairan elektroda, seperti halnya ada pada aki basah, hanya saja cairan elektroda yang ada pada aki kering sepertinya lebih pas disebut dengan gel elektroda, karena lebih kental.

Sedangkan yang dimaksud dengan aki basah adalah aki pada umumnya, biasanya aki jenis ini menggunakan chasing atau wadah yang transparan, sampai bisa memperlihatkan cairan elektroda yang ada didalamnya.

Merawat aki basah pun lebih ribet, lebih detailnya nanti akan kita bahas dibawah.

Karakterisktik wadah aki basah yang dapat dibilang transparan, akan memudahkan user untuk melihat, apakah aki tersebut masih mempunyai cukup banyak cairan elektroda atau tidak, jika cairan elektroda kurang, sebaiknya langsung saja ditambahkan.

Setelah kita tahu jenis-jenis aki, sekarang marilah kita belajar, apa sih sebenarnya fungsi aki itu. Ini penting, terutama bagi Anda yang masih pemula dalam merawat mobil.

Fungsi aki pada mobil adalah untuk menyediakan kebutuhan listrik pada mobil, terutama ketika awal mobil distarter, dimana pada saat tersebut mobil membutuhkan energi listrik yang besar untuk menghidupkan mesin mobil.

Bayangkan jika aki mobil mati, repotkan. Maka dari itu tips ini sangat penting bagi Anda yang selalu menggunakan mobil.

Sedang mencari Mobil impian untuk keluarga tercinta? Nggak ada salhnya lihat-lihat daftar harga Mobil Mitsubishi terbaru Kami di Showroom Online Raja sales Mobil:

Cara Dan Tips Merawat Aki Mobil Agar Terus Berfungsi Dengan Baik

Nah tadi kita sudah bicara banyak mengenai berbagai hal tentang perbedaan antara aki kering dengan aki basah, kemudian fungsi aki secara umum. Sekarang kita akan masuk ke hidangan utama, tentang bagaimana agar aki mobil selalu dalam kondisi fit dan siap digunakan, simak tips menjaga aki mobil berikut sampai selesai :

  1. Tips pertama, pastikan cairan elektroda aki terisi pada batas aman, ini berlaku untuk mobil yang menggunakan aki basah. Jika cairan elektroda atau yang sering disebut sebagai air aki sampai berkurang dari batas minimal, sebaiknya langsung ditambahkan air akinya. Ini penting, agar komponen dalam aki tidak teroksidasi dengan cepat, dengan begitu maka aki lebih terawat dan bisa lebih awet usianya;
  2. Langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan terminal aki dari karat dan debu atau kotoran lain, tentu ini berlaku untuk aki basah. Pada aki kering, biasanya hanya debu biasanya yang menempel, dan membersihkannya relatif mudah, namun tetap saja harus dibersihkan;
  3. Karena aki adalah satu-satunya komponen yang menyimpan listrik, yang ada pada mobil, sekalipun dalam kondisi diam (mobil tidak dihidupkan). Dimana mobil yang diam membuat aki mobil terus bekerja walau secara pasif, maka dari itu panasi mobil setiap hari, kurang lebih 7 menit agar aki mobil terisi daya listrik kembali;
  4. Tips selanjutnya, apabila mobil tidak digunakan dalam waktu lama sebaiknya kabel konektor aki dilepas, jika tidak dilepas, maka aki mobil akan beresiko tekor, tentu Anda tak mau hal ini terjadi pada Anda. Dengan melepas konektor aki antara mobil, ini akan membantu aki dalam kondisi siap ketika hendak akan digunakan kembali;
  5. Tips terakhir, Anda bisa pilih aki yang bagus untuk mobil ketika sudah tiba saatnya ganti aki, jangan dipasangkan dengan aki bekas, atau aki rekondisi, kasian mobil Anda. Karena hal itu akan mempengaruhi kelistrikan pada mobil tentunya, jadi pastikan Anda gunakan aki yang bagus, baik aki kering maupun basah, agar lebih awet.

Nah itu tadi 5 tips merawat aki mobil, semoga dengan membaca artikel ini, maka wawasan Anda tentang dunia mobil, terutama dalam merawat aki mobil bisa lebih terbuka lagi. Sekian, salam sukses dan sampai jumpa diartikel menarik lainnya.

Bagikan

1 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
cara mengendarai mobil di jalan berlubang 

7 Cara Mengendarai Mobil di Jalan Berlubang yang Patut Diketahui!

Dipublish pada 16 December 2021 | Dilihat sebanyak 8 kali | Kategori: Edukasi

Apabila Anda sedang mencari informasi mengenai tips berkendara di jalan rusak atau hal lain yang berhubungan dengan cara melewati jalan berlubang saat mengemudikan mobil, maka Anda sudah mendapatkan tulisan yang tepat, karena pada artikel ini akan dibahas cara mengendarai mobil di jalan berlubang secara... selengkapnya

hal yang bisa merusak cat mobil

7 Hal yang Bisa Merusak Cat Mobil, Hindari!

Dipublish pada 16 December 2021 | Dilihat sebanyak 9 kali | Kategori: Edukasi

Jika Anda sedang mencari jawaban mengenai apakah embun pagi bisa merusak cat mobil? atau tentang apakah disinfektan merusak cat mobil? Maka kemungkinan besar Anda sudah mendapatkan artikel yang sesuai dengan minat Anda tersebut. karena pada tulisan ini akan dibahas mengenai hal yang bisa merusak... selengkapnya

cara balik nama mobil

Begini Cara Balik Nama Mobil, Mudah!

Dipublish pada 2 December 2021 | Dilihat sebanyak 13 kali | Kategori: Edukasi

Apabila Anda sedang mencari referensi mengenai cara balik nama mobil dan mutasi atau info tentang cara balik nama mobil online. Maka sepertiya, inilah artikel yang Anda butuhkan, mengapa demikian? Karena di dalam artikel ini dikupas tentang cara balik nama mobil dengan cukup lengkap. So silahkan baca... selengkapnya

Raja Sales Mobil Address

PT. Sinda Harjaya Mitra Utama
EightyEight @Kasablanka, Tower A, Lt.10E
Jl. Raya Casablanca, Kav.88, Jakarta Selatan – 12870
E-mail : admin@sindaharjaya.com

Live Chat

Via WA: 0821-2705-3337

Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

SUBSCRIBE: