Raja Sales Mobil menerima layanan Titip Jual Kendaraan / Mobil Lama Bapak/Ibu dengan rekomendasi harga yang terbaik. Raja Sales Mobil menerima layanan pengajuan booking jadwal test drive dan atau layanan booking jadwal service Mobil kesayangan keluarga tercinta Bapak/Ibu. Raja Sales Mobil meneria layanan pengurusan Blokir, Balik Nama dan Pemesanan Plat / STNK dengan nomor pilihan. Raja Sales Mobil menerima layanan penambahan, pembelian dan atau pemasangan asesoris baru dan original untuk mempercantik tampilan mobil kesayangan keluarga tercinta Bapak/Ibu. Raja Sales Mobil menerima layanan konsultasi dan membantu Bapk/Ibu wujudkan miliki Mobil idaman dan mobil impian keluarga tercinta.
Menu
Model
Beranda » Edukasi » Ini 4 Perbedaan Power Steering Hidrolik Dan Elektrik

Ini 4 Perbedaan Power Steering Hidrolik Dan Elektrik

Dipublish pada 9 December 2021 | Dilihat sebanyak 12 kali | Kategori: Edukasi

Teknologi dalam industri otomotif kian berkembang,salah satunya mobil yang dilengkapi dengan power steering. Namun ada perbedaan power steering hidrolik dengan elektrik yang diterapkan pada mobil.

Power steering adalah sistem yang bertugas meringankan kemudi pada mobil. Power steering bekerja ketika Anda hendak berbelok. Setir kemudi akan terasa berat jika tidak ada power steering.

Kemudian Anda perlu mengetahui terlebih dahulu yang dimaksud dengan electric power steering.  electric power steering adalah pengembangan dari model hidrolik dimana tipe ini lebih canggih.

Sistemnya diatur menggunakan komputer sehingga menggunakan power steering fluid atau juga oli. Sehingga kinerjanya semakin ringan dan mudah ketika Anda berkendara.

Power steering memiliki dua jenis yaitu power steering hidrolik dan power steering elektrik. Keduanya memiliki perbedaan dari beberapa hal.

Sedang mencari Mobil impian untuk keluarga tercinta? Nggak ada salahnya lihat-lihat daftar harga Mobil Mitsubishi terbaru Kami di Showroom Online Raja sales Mobil:

  1. Efisiensi pemakaian

Karena sistemnya elektrik, maka tidak menggunakan pompa hidrolik atau piston. Mobil yang dibekali perangkat Electric Power Steering memiliki motor listrik sederhana yang dirancang untuk mendapat perintah dari pengemudi.

Sistem EPS tidak memungkinkan untuk mengalirkan tenaga dari mesin sebagaimana power steering hidrolik. Namun dilihat dari penggunaannya mobil sistem EPS dianggap lebih efisien.

  1. Perawatan

Perawatan untuk sistem power steering hidrolik lebih susah dibandingkan dengan EPS yang justru lebih mudah. Berkat kemudahannya itu banyak orang yang lebih memilih mobil dengan sistem EPS.

Power steering pump pada sistem hidrolik berguna untuk menghasilkan daya dan tekanan. Sayangnya komponen ini cukup sulit untuk diberikan perawatannya.

  1. Tenaga

Perbedaan dari kedua sistem ini bisa dilihat dari tenaganya. Dimana tenaga sistem hidrolik lebih besar untuk melaju di jalanan. Sayangnya akan kerepotan ketika melintasi permukaan jalan berlubang dan rusak.

Sedangkan untuk sistem EPS, ini bisa dengan mudah mendistribusikan tenaga secara tepat. Akhirnya ketika melewati jalan berlubang dan rusak, bisa lebih mudah dan melewatinya secara halus.

Selain itu juga mobil yang mengusung sistem power steering electric lebih irit konsumsi bahan bakarnya. Dimana tenaga yang dihasilkannya juga tetap lebih besar dan tidak mengecewakan.

  1. Cairan

Baca Juga Artikel Kami yang lain: 10 cara paling mudah membersihkan mesin mobil

Ketika Anda memiliki mobil yang menggunakan power steering hidrolik itu artinya akan membutuhkan banyak cairan untuk menjalankannya. Akibatnya perhatian ekstra juga harus diberikan pada mobil dengan sistem hidrolik ini.

Kelemahan lain dari sistem power steering hidrolik adalah lebih rentan akan kebocoran karena cairan yang banyak itu. Power steering berat terasa oleh pengemudinya jika terjadi kebocoran cairan yang terjadi pada sistem hidrolik.

Berbeda dengan mobil yang menggunakan electric power steering. Sistem ini hanya membutuhkan satu macam cairan, itu artinya Anda juga lebih simpel memberikan perawatan atau service.

Komponen di dalam sistem power steering elektrik tidak serumit sistem hidrolik. Ini dikarenakan sistem EPS telah diatur oleh komputer. Tentunya dengan teknologi tersebut semakin memudahkan kalibrasi mobil dengan sistem kelistrikannya.

Perbedaan dari kedua sistem ini semakin jelas dari penggunaan cairannya. Dimana power steering elektrik tidak banyak menggunakan cairan atau oli, namun memiliki komponen yang lebih banyak.

Seperti dalam power steering memiliki komponen electronic control module, sebagai otak dari sistem electric power steering. Komponen ini memberikan perintah ke komponen lain seperti motor listrik, torque sensor, steering clutch dan noise suppressor.

Sebagai tambahan informasi, baik sistem elektrik atau hidrolik sebaiknya dirawat dengan benar. Salahsatunya tidak menggerakkan setir sebelum mobil itu sendiri bergerak. Artinya gas terlebih dahulu, baru setir diputar.

Dari perbedaan power steering hidrolik dan elektrik, keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Penulis sendiri menyarankan untuk menggunakan Electric Power Steering. Anda sendiri yang mana? Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
sebab sunroof mobil rusak

2 Sebab Sunroof Mobil Rusak yang Patut Diwaspadai!

Dipublish pada 16 December 2021 | Dilihat sebanyak 11 kali | Kategori: Edukasi

Baru membutuhkan informasi mengenai sebab sunroof mobil rusak?, maka Anda sudah mendapatkan tulisan yang tepat, karena disini akan dikupas berbagai hal mengenai pernak-pernik sebab kerusakan sunroof, seperti diantaranya info tentang service sunroof mobil atau juga mengenai sunroof bocor. Maka dari itu, jika Anda memutuskan... selengkapnya

Perbedaan ABS, EBD, VSC dan BA

Ini Perbedaan ABS, EBD, VSC dan BA yang Perlu Anda Tahu!

Dipublish pada 27 December 2021 | Dilihat sebanyak 9 kali | Kategori: Edukasi

Jika Anda sedang mencari jawaban mengenai brake assist adalah, abs adalah atau info tentang komponen ebd dan fungsinya, maka sepertinya Anda telah mendapatkan tulisan yang tepat, karena disini sakan dibahas mengenai perbedaan ABS, EBD, VSC dan BA pada mobil, jadi silahkan ikuti artikel ini sampai... selengkapnya

cara memilih oli mobil

5 Cara Memilih Oli Mobil yang Patut Dipertimbangkan!

Dipublish pada 16 December 2021 | Dilihat sebanyak 7 kali | Kategori: Edukasi

Artikel ini akan membahas tentang cara memilih oli mobil, jadi apabila Anda sedang mencari informasi mengenai oli mesin mobil terbaik atau tentang oli untuk mobil tahun 2000, maka mungkin Anda sudah mendapatkan artikel yang pas. selanjutnya, untuk mendapatkan info yang maksimal, silahkan tamatkan artikel... selengkapnya

Raja Sales Mobil Address

PT. Sinda Harjaya Mitra Utama
EightyEight @Kasablanka, Tower A, Lt.10E
Jl. Raya Casablanca, Kav.88, Jakarta Selatan – 12870
E-mail : admin@sindaharjaya.com

Live Chat

Via WA: 0821-2705-3337

Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

SUBSCRIBE: